Ini Loh Gejala Kanker Pada Wanita yang Terlihat Melalui Perubahan Tubuh



Kanker payudara masih menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia pada wanita. Meski banyak wanita yang mulai peduli, nyatanya gejala kanker masih belum disadari.

Padahal, tanda-tanda tersebut sangat penting untuk mendeteksi dini. Sebab, semakin cepat diketahui, semakin cepat diatasi. Berikut ini adalah 10 tanda mengenali gejala kanker melalui perubahan tubuh:

1. Perubahan payudara
Selain benjolan pada payudara, pembengkakan, kemerahan, perubahan putting, atau kelainan payudara lain dapat menjadi tanda-tanda peringatan dini dari gejala kanker payudara. Oleh karena itu, segera periksa jika Anda menemukan gejala tersebut.

2. Menstruasi tidak teratur
Darah dalam urin, feses, atau bahkan pendarahan dari luka atau gesekan yang tidak menggumpal, bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah. Jika Anda mengalami pendarahan secara berlebihan dari suatu tempat yang tidak benar, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

3. Perut kembung
Banyak wanita yang mengira bahwa perut kembung disebabkan karena malas berolahraga atau berat badan yang gemuk. Padahal, sering mengalami perut kembung bisa mengindikasikan kanker ovarium yang tanpa disadari sebagai “pembunuh diam-diam”.

4. Luka yang tidak kunjung sembuh
Ada banyak macam luka yang dapat mengindikasi pada gejal kanker. Misalnya, kanker kulit mengalami luka yang tidak kunjung sembuh atau sakit pada mulut dalam jangka panjang bisa kankermulut. Hal ini harus ditangani dengan segera, terutama pada orang yang merokok, mengunyah tembakau, atau sering minum alkohol.

5. Garis gelap pada kuku
Kuku dapat mengungkapkan gejala dari beberapa penyakit bahkan penyakit paling ditakuti. Bahkan, beberapa bisa berakibat fatal jika tidak didiagnosis dari awal.

Misalnya, garis-garis vertikal gelap sepanjang kuku atau dalam dunia medis dikenal melanochia linear. Kondisi ini adalah salah satu sinyal peringatan yang paling jelas dan berbahaya dalam gejala kanker.

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal tersebut karena tidak menyebabkan rasa sakit. Padahal, hal itu dapat menunjukkan salah satu jenis kanker kulit.

6. Kelelahan
Meski sulit untuk mendeteksi penyakit, namun jika Anda sering mengalami kelelahan tanpa melakukan apapun, bisa jadi itu tanda Anda penyakit yang bersarang di tubuh. Segeralah untuk mengkonsultasikan ke dokter.

7. Perubahan kulit
Seperti diketahui bahwa tahi lalat harus diperiksa secara teratur, baik perubahan, ukuran, atau teksturnya. Jika adanya tanda-tanda perubahan, maka Anda patut mewaspadainya.

Selain tahi lalat, kulit mengelupas, perdarahan kulit, atau mulut luka, bisa menjadi gejala kanker.

(Sumber:http://jambi.tribunnews.com)